#
Headlines News :
Home » » Nagari Lubuk Basung Bakal Bangun MCK di Rumah Ibadah

Nagari Lubuk Basung Bakal Bangun MCK di Rumah Ibadah

Written By andri padrianto on Selasa, 06 Juni 2017 | 6/06/2017 01:18:00 PM


Untuk menciptakan rumah ibadah yang bersih dan suci,  memerlukan dukungan fasilitas yang memadai. Tidak hanya itu, peran masyarakat untuk hal tersebut juga besar pengaruhnya, bahkan pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Agam tengah giat-giatnya menciptakan rumah ibadah yang bersih dan suci, sesuai dengan Program Thaharah Masjid, yang selalu dilombakan setiap Ramadhan. Bahkan di Sumbar hanya Kabupaten Agam yang melaksanakan kegiatan itu.

Tidak hanya pemerintah kabupaten saja, pemerintah nagari pun terus menggiatkan hal tersebut, bahkan dalam waktu dekat ini Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, akan membangun 11 unit sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di 11 rumah ibadah, seperti masjid, mushala, dan TPA

Hal ini mendapat respon positif masyarakat, bahkan mereka sudah lama mengidam-idamkan rumah ibadah memiliki MCK, sebab selama ini hanya menggunakan bandar untuk dijadikan MCK.

Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra Dt Batuah, Selasa (6/6) mengatakan, rumah ibadah yang dibantu itu merupakan yang belum memiliki MCK. Karena MCk sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, bahkan kenyamanan jamaah masjid.

“Kegiatan ini dilakukan atas koordinasi kita dengan jorong, di mana jorong diminta mencari rumah ibadah yang belum memiliki MCK untuk dibangun MCK-nya, yang terdiri dua pintu, satu untuk laki-laki dan satu perempuan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan seiring dengan program pemerintah Kabupaten Agam, Thaharah Masjid, Hal itu diartikan adalah masjid yang bersih dan suci.

“Masjid bersih dan suci, tentu harus ada MCk nya, memiliki karpet yang bersih, dan lainnya. Bahkan anak-anak TPA untuk belajar berwuduk tentu harus ada tempat wuduknya," ujarnya pula.

Darma menyebutkan, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah nagari sudah menyalurkan bantuan 28 bal karpet masjid, alquran dan buku keagamaan kepada masjid yang tersebar di tujuh jorong.

Pembangunan ini dilakukan dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APBN), di mana untuk membangun 11 MCK dengan ukuran 6 x 3 meter tersebut anggaran yang disediakan lebih kurang sebesar Rp500 juta. 

"Mudah-mudahan dengan dilengkapi masjid dengan MCk, masyarakat lebih khusuk menjalankan ibadahnya, dan selalu melaksanakan shalat berjamaah di masjid," ujarnya berharap. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center