#
Headlines News :
Home » » Palupuah Kaya Akan Wisata Tersembunyi

Palupuah Kaya Akan Wisata Tersembunyi

Written By andri padrianto on Selasa, 20 Juni 2017 | 6/20/2017 01:34:00 PM

Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, yang terkenal dengan Objek Wisata Bunga Raflesia dan Coffee Luwaknya, namun saat ini timbul lagi objek yang mampu menarik minat wisatawan untuk tetap bergulir di wilayah tersebut.

“Objek yang dimaksud beberapa air terjun atau sarasah di kawasan tersebut, seperti Sarasah Nyiak Sabi, Sungai Guntuang, Sariak Laweh, Sarasah Pagadih, banyak lagi objek wisata lainnya yang belum diketahui masyarakat secara umum, seperti dikatakan salah seorang pemuda Palupuah Harry Febry, Senin (19/6) di Lubuk Basung.

Dikatakannya, karena Palupuah merupakan kecamatan yang kaya akan nuansa alamnya, maka Kelompok Pecinta Alam (KPA) "Sarasah Palupuah" yang baru dibentuk langsung mensurvey salah satu sarasah, yaitu Sarasah Nyiak Sabi, yang berlokasikan di Jorong Angge Palimbatan.

Selain itu, KPA juga melakukan peninjauan objek wisata air terjun Sarasah Bajubah, yang terletak di Jorong Tunggua Banio Bateh Rimbang, Nagari Nan Tujuah.

“Sarasah tersebut terdiri dari tiga tingkat, untuk mencapai lokasi tim expedisi harus menyisiri aliran sungai, dan memakan jarak tempuh lebih kurang satu jam perjalanan, dengan jarak tmpuh sekitar 13 kilometer,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dua kilometer menuju lokasi, tim berjalan melewati jalan setapak, dengan medan yang cukup menantang, dan dimanjakan dengan merdunya kicauan burung dan deruman aliran air sungai.

Lebih lanjut Harry menyebutkan, KPA Sarasah Palupuah itu baru didirikan beberapa waktu lalu oleh inisiator diantaranya, Ketua KNPI Kecamatan Palupuah, Polsek Palupuah, Wali Jorong Paninggiran Ateh, dan pihak kecamatan.

“Kelompok pecinta alam ini dibentuk untuk merintis pesona alam Palupuah, serta memperkenalkan beberapa objek wisata alam yang tersembunyi, mungkin saja sudah ada namun belum terkelola dengan baik,” ujarnya menjelaskan.

KPA memiliki 20 anggota tangguh, yang siap menggali potensi-potensi yang ada di Kecamatan Palupuah, seperti sarasah, potensi yang tidak bisa terpisahkan dari alam Palupuah. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center