#
Headlines News :
Home » » Pengeringan Bandar, Masyarakat Diharapkan Berkebun

Pengeringan Bandar, Masyarakat Diharapkan Berkebun

Written By andri padrianto on Jumat, 16 Juni 2017 | 6/16/2017 03:44:00 PM


Pengeringan bandar, yang diisu-isukan di Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, akhirnya menjadi kenyataan. Pengeringan ini direncanakan akan berlangsung mulai 6 Juli 2017, dalam rangka perbaikan bandar induk yang mengalirkan air ke pemukiman dan persawahan masyarakat.

Terkait pengeringan bandar induk tersebut, setiap jorong yang ada di Garagahan akan mengalami kekeringan sementara, namun masyarakat sudah siap untuk mengantisipasi hal tersebut.


Wali Jorong I Bancah Taleh Martion, Jumat (16/6) mengatakan, pengeringan bandar sudah dipastikan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Barat pada 6 Juli 2017. Di mana atas pengeringan itu, juga sudah diberitahukan kepada petani usai shalat tarawih berjamaah di Masjid Jihad Bancah Taleh dan rapat beberapa hari lalu.

"Melalui rapat, masyarakat siap menghentikan aktivitas sementara untuk bersawah. Masyarakat dengan pemerintah nagari sudah sepakat untuk hal itu," ujarnya.

Namun untuk mengantisipasinya, petani diminta berkebun terlebih dahulu selama pengeringan, yang berlangsung lebih kurang sekitar empat bulan ke depan.

Ia menyebutkan, sawah petani terkena dampak pengeringan bandar khususnya di Jorong I Bancah Taleh sekitar 250 hektar. Saat ini pada umumnya sawah masyarakat panen saat lebaran, dan untuk pengolahan sawah baru masyarakat siap menghentikan sementara hingga air kembali mengalir.

Diyakininya bahwa masyarakat sudah paham dengan alasan bandar itu akan dikeringkan, karena mengingat bandar induk yang mengaliri air ke permukiman masyarakat ambruk sudah sejak lama.

Untuk itu, pemerintah nagari mendapatkan bantuan program dari PSDA Provinsi Sumatera Barat, guna perbaikan tali bandar induk sepanjang 200 meter tersebut. 

"Jika kita tidak menerima ini, maka program PSDA itu akan dialihkan ke nagari lain," ujarnya menjelaskan.

Lebih lanjut Martion menyebutkan, sebenarnya pengeringan dilakukan pada April kemaren, namun dengan mengingat akan memasuki Ramadhan, masyarakat mengharapkan pengeringan dilakukan usai Ramadhan, dan masyarakat juga mendukung hal tersebut. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center