#
Headlines News :
Home » » Pokdarwis Koto Gadang Masuk Nominasi Nasional

Pokdarwis Koto Gadang Masuk Nominasi Nasional

Written By andri padrianto on Rabu, 07 Juni 2017 | 6/07/2017 05:15:00 PM


Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengapresiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Koto Gadang, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, bersama 24 kelompok sadar wisata lainnya di Indonesia yang masuk nominasi nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Hadi Suryadi, di Kawasan Agro Wisata Koto Gadang bersama anggota kelompok sadar wisata itu, Selasa (6/6).

"Kita baru saja menerima informasi dari Kementerian Pariwisata RI, dan Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat, bahwa salah satu kelompok sadar wisata di Agam diapresiasi Kementerian Pariwisata RI, yang masuk sebagai 25 nominasi nasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan ditetapkannya Pokdarwis Koto Gadang sebagai 25 nominasi nasional, maka nanti tim juri akan mengunjungi kelompok itu pada Jumat (9/6), untuk memverifikasi data dan aktivitas kelompok secara langsung.

Pada kesempatan yang sama, Camat Baso Surya Wendri, mengajak anggota kelompok dan masyarakat Koto Gadang untuk mempersiapkan segala hal dalam rangka menyambut kunjungan Tim Juri tingkat nasinal tersebut.

"Mari kita benahi K3 di kawasan Agro Wisata khususnya, guna memperindah kawasaan agro wisata ini, sekaligus menyambut kunjungan wisatawan dan perantau pasca lebaran nanti,"ujarnya.

Wali Nagari Koto Tinggi, Geginda mengucapkan selamat kepada warganya,  terutama Kelompok Sadar Wisata Koto Gadang, yang telah gigih selama ini menjalankan organisasi kelompok serta aneka programnya.

Ini merupakan suatu kebanggan bagi Nagari Koto Tinggi, sekaligus alat ukur capaian sebuah program atau tujuan kelompok. "Saat ini kita tengah mempersiapkan enam penilaian di berbagai tingkatan terhadap Nagari Koto Tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KAN Koto Tinggi Dt. Hitam Nan Tuo mengingatkan masyarakat Koto Gadang umumnya, dan kelompok sadar wisata khususnya untuk mensyukuri atas rahmat yang diterima itu.

"Kita harus bersyukur atas apresiasi yang diberikan pemerintah pusat kepada kelompok sadar wisata, karena ini suatu rahmat bagi kita bersama, artinya upaya yang telah dilakukan kelompok selama ini bersama masyarakat, dan pemerintah telah memperlihatkan hasil yang baik," ujarnya.

Di akhir komentarnya, Ketua KAN Koto Tinggi juga mengingatkan warga untuk tetap menjaga kelestarian adat dan budaya, karena ini adalah benteng sekaligus daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Kelompok Sadar Wisata Koto Gadang, yang dibentuk semenjak tahun 2015, beranggotakan masyarakat pelaku wisata di Jorong Koto Gadang, seperti petani kebun jeruk, penjual jeruk, pengusaha penginapan dan rumah makan serta pedagang souvenir dan jasa usaha wisata lainnya. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center