#
Headlines News :
Home » » "Pulang Kampuang" Tradisi Perantau Minang

"Pulang Kampuang" Tradisi Perantau Minang

Written By andri padrianto on Sabtu, 24 Juni 2017 | 6/24/2017 01:43:00 PM


Mudik atau pulang kampuang telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia, yang kerap kali terjadi saat menjelang lebaran. Bahkan momen mudik terbesar sering terjadi pada hari Raya Idul Fitri tiap tahunnya.

Momen ini sangat ditunggu-tunggu bagi perantau, hampir semua masyarakat Indonesia memanfaatkan momen tersebut untuk bertemu dengan sanak family di kampung halaman.

Pulang kampuang merupakan langkah untuk mempererat silaturahim, baik antar perantau maupun perantau dengan masyarakat di kampung. Namun ada tradisi pulang kampuang tersendiri yang dilakukan perantau Minangkabau dari Provinsi Sumatera Barat.

Masyarakat Minang sangat dikenal dengan kebiasaan merantaunya sejak dahulu kala, tak hayal momentum mudik lebaran menjadi waktu yang tepat untuk melepas rindu bertemu sanak famili di Ranah Minang.

Namun ada cara mudik yang berbeda dilakukan orang minang. Mereka melakukan mudik secara beramai-ramai dengan orang-orang yang berasal dari kampung yang sama (daerah di Sumatera Barat) dan dikenal dengan istilah 'Pulang Basamo'.

Bahkan kalangan perantau dari berbagai daerah di Indoensia mulai mengalir ke salah satu daerah di Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Agam. Umumnya perentau menggunakan armada roda empat, berkonvoi bersama sejak dari rantau hingga ke kediamannya masing-masing.

Makna 'Pulang Basamo', bagi para perantau adalah mempererat rasa kesatuan dan kekeluargaan warga perantau di tanah rantau, begitu juga dengan masyarakat di kampung.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan iuran untuk kampung halaman membantu pembangunan dan acara dikampung halaman. Selain itu kebahagian berkumpul bersama sanak saudara dikampung adalah tujuan utama. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center