#
Headlines News :
Home » » Saya Indonesia, Saya Pancasila

Saya Indonesia, Saya Pancasila

Written By Zulferi Ferdial on Kamis, 01 Juni 2017 | 6/01/2017 12:48:00 PM

Bertempat dihalaman Kantor Bupati Agam, di Lubuk Basung, Pemerintah Kabupaten Agam menggelar Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Kamis (1/6). Pada peringatan yang baru pertama kali ini digelar diikuti oleh Forkopimda, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam. Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD se Kabupaten Agam, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, TNI, Kepolisian, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam.

Presiden Joko Widodo, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, telah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional di setiap tahun peringatannya. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah : "Saya Indonesia, Saya Pancasila."

Dalam amanatnya Inspektur Upacara, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria  menyampaikan kutipan sambutan Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2017. 

"Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalime, konflik sosial, terororisme, dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, Kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil, dan makmur di tengah kemajemukan," ujarnya.

Tujuan dari penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila, adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila, dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sudah saatnya sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka, bangsa menghargai pahlawannya. 1 Juni perlu ditegaskan sebagai hari lahirnya Pancasila, karena Pancasila merupakan dasar negara, yang butir-butir dari sila-sila tersebut harus mampu diimplementasikan dalam setiap proses pengambilan keputusan politik negara dan masyarakat, yang di semua tingkatan. Indonesia negara yang besar, Indonesia yang majemuk/berbhineka. Indonesia adalah satu negara Pancasila, setiap tahun sebagai bangsa  wajib memperingati hari lahirnya Pancasila, semangat dan revitalisasi Pancasila harus terus dikumandangkan. (feri/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center