#
Headlines News :
Home » » Silek Harus Tetap Berkembang di Ranah Minang

Silek Harus Tetap Berkembang di Ranah Minang

Written By andri padrianto on Minggu, 11 Juni 2017 | 6/11/2017 10:31:00 PM



Silek Minangkabau atau silat Minangkabau merupakan seni olahraga beladiri yang tumbuh, dan berkembang di wilayah Minangkabau sejak dahulu kala. Silek bagi anak Minang merupakan jati diri yang melekat dalam keseharian mereka, terutama bagi kaum lelakinya.

Akan tetapi bukan tabu bagi kaum perempuan, karena banyak perempuan minang yang menguasai seni beladiri tersebut.

Mengenai hal tersebut, Bupati Agam H. Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah mengharapkan silek terus berkembang di tengah masyarakat, sehingga seni beladiri tersebut terus berkembang, dan menjadi jati diri bagi masyarakat Minang.

Hal tersebut seperti dikatakan Bupati Agam Indra Catri, saat menggelar buka bersama dengan tuo silek se Kabupaten Agam di kediamannya, Minggu (11/6).

Bupati mengharapkan, tuo silek yang ada di daerah itu terus mengembangkan tradisi tersebut, dan mewariskannya kepada anak Minang, yang nantinya menjadi bekal dan menjaga dirinya dari segala perbuatan yang akan mempengaruhi kehidupan mereka.

"Silek merupakan pamenan di ranah Minangkabau, jika tidak bisa bersilek, pamenan anak nagari itu tidak akan berdiri, dan Minang pun bisa hancur," ujarnya.

Bupati mengharapkan, tuo silek terus mengajarkan anak kemanakan untuk bersilek, dan bersama - sama membina anak kemenakan untuk bisa membela nagari, dan menjaga mereka dari segala ancaman.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan, prestasi silek Minangkabau cukup besar terhadap daerah, dan ini merupakan semangat anak nagari yang telah bersungguh-sungguh belajar silek."Saya akan terus mendapingi, supaya silek terus berkembang di ranah Minang ini," ujarnya pula.

Perwakilan tuo silek Dt Mangkuto Sati, mengapresiasi semangat Bupati Agam akan perkembangan silek tersebut. "Mudah-mudahan semangat para tuo silek di Agam terus menggelora untuk mengembangkan seni olahraga beladiri Minang tersebut," ujarnya.

"Silek memang harus diwariskan kepada generasi muda, bukan saja untuk kaum lelaki, tetapi juga terhadap kaum perempuan," ujarnya pula.

Dengan tekad dan semangat yang tinggi, ia meyakini silek Minangkabau akan terus berkembang, sehingga seni beladiri tersebut tidak pudar di tengah masyarakat. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center