#
Headlines News :
Home » » Safari Ramadhan Ajang Sosialisasi Gerakan Nagari Madani

Safari Ramadhan Ajang Sosialisasi Gerakan Nagari Madani

Written By Zulferi Ferdial on Minggu, 11 Juni 2017 | 6/11/2017 06:08:00 PM

Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam 1438 H, yang dipimpin Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, mengunjungi Masjid Almujahadah, Jorong Talao, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Sabtu (10/6).

Dalam sambutannya Wabup menyampaaikan rasa terima kasih atas sambutan masyarakat Padang Laweh, dan mengapresiasi penampilan hafidzah bernama Dewi, murid kelas 4 SD, yang membacakan hafalan Al-Quran pada pembukaan acara itu. 

"Tujuan Tim Safari Ramadhan Kabupaten Agam adalah memperkuat tali silahturahim antara pemerintah daerah dengan masyarakat" ucapnya.

Bentuk silahturahim yang disampaikan, pertama berkaitan dengan Bulan Ramadhan yang sering disebut juga sahrul Quran dan sahrul taubat, ia menghimbau kepada masyarakat agar mengambil kesempatan ini dengan memperbanyak membaca Al-Quran, dan bertaubat, serta memperbanyak ibadah lainnya.

"Berkaitan dengan visi Pemerintah Kabupaten Agam, yang juga  merupakan cita - cita masyarakat Kabupaten Agam, yaitu mewujudkan Agam  mandiri, berprestasi yang madani. Pada Saat ini pemerintah Kabupaten Agam berupaya memujudkan cita - cita tersebut melalui Gerakan Nagari Madani," ujarnya menjelaskan.

Dalam mewujudkan Nagari Madani ada tujuh kriteria, dan empat puluh lima indikator yang harus dipenuhi. Tahap awal, melalui kriteria dan indikator akan menentukan level madani sebuah nagari, yang setiap tahun akan dinilai oleh tim. Bagi nagari yang memeliki progres meningkat, akan diberikan reward berupa dana insentif nagari madani, dan bagi nagari yang memeliki progres cenderung menurun, juga akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan anggaran nagari. 
Kriteria yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, menurut Wabup adalah, pertama bagaimana interaksi masyarakat dengan Al-Quran, baik dengan membaca, memahami dan menghafal, serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini  dapat diupayakan dengan memperbanyak tempat bagi masyarakat untuk mempelajari Al-Quran, melaksanakan kegiatan yang mensyiarkan Al-Quran, seperti Khatam Quran, MTQ. dll.

Kriteria kedua  yang harus dipenuhi adalah, menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan sosial masyarakat. Indikatornya dapat dilihat bagaimana pemamfaatan fungsi masjid sebagai pusat peribadatan, sebagai pusat pendidikan,  pusat sosial keagamaan,  sosial ekonomi, dan masjid sebagai pusat sosial seni dan budaya.

"Saya sangat mengapresiasi Nagari Padang Laweh yang telah berada pada level tiga, dari lima level yang menjadi acuan Nagari Madani, hal ini dapat kita lihat telah berdirinya kampung tahfidz. Saya berharap untuk terus ditingkatkan pada aspek - aspek lainnya. Dapat kita bayangkan jika 82 nagari di Kabupatgen Agam ini bergerak menjadi Nagari Madani, maka dengan sendirinya Agam Madani akan dapat terwujud secara matang" kata Trinda Farhan

Pada kunjungan kali ini Tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp8.500.000, dan untuk terus menggelorakan program Agam Menyemai diserahkan 500 bibit pohon nangka, alpukad, dan sirsak untuk dibagikan kepada jamaah.
"Bagi kami malam ini malam penuh berkah atas kedatangan tamu dari tim safari ramadhan Kabupaten Agam. kami mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah kabupaten Agam untuk Nagari kami Padang Laweh, Kami masyarakat Padang Laweh sangat mendukung akan Program Gerakan Nagari Madani" kata pengurus masjid Al Almujahadah  H. Dt Sinaro dalam sambutannya.
Rombongan tim safari ramadhan yang mendampingi Wakil Bupati Agam antara lain terdiri dari dari Kepala Badan Kesbangpol , Kadis Perhubungan, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM, Kadis Sosial, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kabag Organisasi dan Reformasi Birokrasi, Kabag Humas dan wartawan. (feri/AMC)




Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center