#
Headlines News :
Home » » Wabup Agam Canangkan Angkutan Lebaran 2017

Wabup Agam Canangkan Angkutan Lebaran 2017

Written By Fitra Hinandes on Jumat, 16 Juni 2017 | 6/16/2017 03:31:00 PM

Pemerintah Kabupaten Agam melakukan cek fisik dan mencanangkan angkutan Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah tahun 2017, di Terminal Antokan  Lubuk Basung.

Pencanangan tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah, Jumat (16/6).

Wakil Bupati mengatakan, pencanangan angkutan Lebaran ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah, dalam rangka memberikan jaminan keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan kepada masyarakat.

"Ini merupakan penegasan dari Pemerintah Pusat secara nasioanl, tentang angkutan Lebaran tahun 2017," katanya.

Menurut wabup,  keselamatan berlalu lintas tidak sepenuhnya dalam bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah, tetapi juga sikap mewas diri dari sipelaku pengguna jalan. 

"Untuk itu saya mengimbau agar semua kepentingan pelaku jalan menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas selama lebaran," pinta wabup.

Pemerintah Kabupaten Agam bersama dengan Polres Agam dan Polres Bukittinggi, telah mempersiapkan beberapa kegiatan guna mengendalikan angkutan lebaran tahun ini.

Kegiatan tersebut yakni, mendukung sepenuhnya pelaksanaan operasi ketupat 2017, yang dilaksanakan Polres Agam dan Polres Bukittinggi, dengan melibatkan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di setiap pos pengamanan, menyiagakan petugas kesehatan, SAR, pemadam kebakaran, dan lainnya.

"Kami berharap agar semua dinas instansi maupun badan, dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran, semuanya bisa melakukan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab.

"Jangan sampai nanti ada poskonya tapi tidak ada orangnya, atau ada orangnya tapi tidak ada fasilitasnya. Jadi, diharapkan semuanya bisa terpadu dan berkoordinasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pada arus mudik maupun arus balik lebaran," tegas wabup.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Budi Perwira Negara mengatakan, pada lebaran tahun ini pihaknya juga akan menempatkan sebanyak 38 orang personil, yang ditugaskan pada Poskotis, objek wisata, dan tempat yang menimbulkan kemacetan, serta pengawasan opersional kapal di Danau Maninjau bersama OPD dan instansi terkait.

Lalu memasang dan menempatkan beberapa papan petunjuk, papan informasi dan imbauan, melakukan patroli jalan raya, pengawasan dan siaga kecelakaan, dan lainnya. 

Selain itu, untuk jumlah angkutan yang disiapkan untuk mudik sebanyak 1.126 unit armada, dengan rincian  Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sebanyak 80 unit, Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 217 unit, Angkutan Jemput Dalam Provinsi (AJDP) 13 unit, dan angkutan kota/ desa sebanyak 816 unit. (IF/AMC)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center