#
Headlines News :
Home » » Wabup Agam Minta P2TP2A Disinkronkan dengan Gerakan Nagari Madani

Wabup Agam Minta P2TP2A Disinkronkan dengan Gerakan Nagari Madani

Written By Fitra Hinandes on Selasa, 20 Juni 2017 | 6/20/2017 04:43:00 PM



Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah meminta program pelaksanaan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) disinkronkan dengan Gerakan Nagari Madani.

"Sinkronisasi ini penting sekali. Karena antara pusat pelayanan terpadu P2TP2A sangat erat kaitannya dengan Gerakan Nagari Madani, yang tujuannya bagaimana membangun ukhuwah islamiyah di antara sesama, yang dimulai dari kelompok kecil yaitu keluarga," kata Wakil Bupati saat mengukuhkan 33 Pengurus P2TP2A Siti Manggopoh Masa Bhakti 2016-2021, di aula kantor Bupati Agam, Selasa (20/6).

Terdapat tiga indikator Gerakan Nagari Madani yang terkait erat dengan program P2TP2A ini. Yaitu, penurunan tingkat perceraian di rumah tangga, penurunan kasus kekerasan di rumah tangga, dan pelecehan terhadap anak.

"Saya berharap sinergisitas antara P2TP2A dengan Gerakan Nagari Madani bisa terbangun. Sehingga menjadi satu solusi menciptakan kondisi masyarakat yang aman, terutama untuk perempuan dan anak dari tindak kekerasan dan diskriminasi," ujarnya menjelaskan.

Wakil Bupati juga menekankan, tidak adanya laporan di lapangan bukan berarti tidak adanya kasus. Menurutnya, hal itu tidak menjamin bagi pengurus sebelum memastikan langsung. Subtansinya, bukan seberapa banyak laporan yang masuk, melainkan tidak adanya kasus.

Untuk itu, pihaknya menaruh harapan besar, dengan adanya pusat pelayanan terpadu P2TP2A ini. Karena telah ikut berperan aktif bergotong royong membangun Kabupaten Agam, menunjukkan kepedulian, dan upaya-upaya konkrit, terutama dalam mewujudkan pembangunan yang menjamin hak-hak perempuan dan anak.

Sebelum itu, Ketua P2TP2A Siti Manggopoh yang baru, Ny. Candra Trinda Farhan mengatakan adanya pusat pelayanan P2TP2A ini berasal dari usulan dan sumbangsih pemikiran dari masyarakat Manggopoh, yang didukung penuh segenap jajaran Pemerintah Daerah, karena adanya laporan dari masyarakat terhadap keresahan terhadap prilaku anak remaja dewasa ini.

"Kita harapkan adanya pembentukan pengurus P2TP2A ini tidak hanya menangani masalah, tapi lebih kepada pencegahan yang dilakukan sejak dini," jelasnya.

Adapun layanan kerja dari P2TP2A ini adalah, Penanganan pengaduan dan informasi, pelayanan kesehatan, konsultasi hukum, konsultasi psikologi, rumah aman, home visit (kunjungan rumah), penyuluhan dan pendampingan bagi korban. Semua pelayanan tersebut di berikan secara gratis alias cuma-cuma. (IF/AMC)


Adapun yang terpilih sebagai Ketua T2TP2A Siti Manggopoh masa bakti 2016-2021 ini adalah Ny. Candra Trinda Farhan (istri wakil bupati) dan Ny. Vita Indra Catri (istri bupati) sebagai penasehat dan Bupati dan Wakil Bupati sebagai Dewan Penasehat. (IF/AMC)




Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center