#
Headlines News :
Home » » Wakil Bupati: Tekan Inflasi, Berbuka Jangan Berlebih-Lebihan

Wakil Bupati: Tekan Inflasi, Berbuka Jangan Berlebih-Lebihan

Written By JONATA RAMADAN on Kamis, 01 Juni 2017 | 6/01/2017 12:59:00 PM

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah mengatakan, saat berbuka puasa jangan dilakukan secara berlebih-lebihan, jika bisa ditahan pengeluaran  ini bisa menekan inflasi.

"Dilihat selama ini, tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia berhubungan dengan konsumsi pada pulan puasa, dan berdasarkan dari data statistik di Indonesia cukup besar," kata Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria saat kunjungan Tim II Safari Ramadhan di Masjid Jami' Asyarif, di Jorong Koto Laweh, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.Rabu (31/5).

Ditambahkannya, berpuasa  disamping menahan lapar dan haus, tetapi juga mempuasakan anggota tubuh, pikiran, dan hati.

Di sisi lain, Wabup mengharapkan kepada warga Nagari Koto Tangah untuk  memanfaatkan lahan pekarangan, lahan perkantoran, lahan mesjid, lahan tidur, dan lahan yang tidak produktif lainnya untuk menanam tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, palawija, dan tanaman hias.

"Saat ini kita juga menyediakan bibit manggis dan jeruk gunung omeh sebanyak 500 batang," tutur Wabup

Jadi budaya menanam ini spiritnya untuk anak cucu di kemudian hari. Seperti menanam pohon kelapa, yang memperoleh hasilnya adalah anak cucu mereka. Untuk itu, diharapkan kepada warga budaya menanam tanaman ini tetap dilanjutkan.

Melalui program Agam menyemai, Pemerintah Kabupaten Agam berhasil memperkuat ketahanan pangan, dan menjamin ketersediaan bahan pangan di Agam, serta berhasil menekan pengeluaran masyarakat.

Wabup juga mengingatkan kepada masyarakat, supaya program dimaksud terus berjalan dengan optimal, seperti halnya "nan dilaman untuak dimakan, nan di parak baok kapakan," (jon/AMC)


Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. AMC - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center