#
Headlines News :
Home » » Warga Puskesmas Sungai Pua Diberi Keterampilan Khusus

Warga Puskesmas Sungai Pua Diberi Keterampilan Khusus

Written By andri padrianto on Rabu, 21 Juni 2017 | 6/21/2017 10:10:00 PM


Tenaga medis yang sehari-harinya hanya berkecimpung dengan alat-alat kesehatan, bahkan mereka tidak menyadari bahwa ada sebuah alat yang harus kuasai dalam penggunaan dan manfaatnya, sehingga mampu menyelamatkan diri dari suatu peristiwa.

Hal dimaksud seperti pemakaian alat pemadam api, yang sangat besar dampaknya jika bisa menggunakan, sehingga diperlukan semua petugas, baik Puskesmas ataupun kantor lainnya bisa menggunakan alat tersebut.

Mengenai hal tersebut, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Agam menyosialisasikan hal tersebut kepada tenaga medis yang ada di Puskesmas Sungai Pua, sebagai pengetahuan keterampilan khusus, sekaligus persiapan meningkatkan kinerja para petugas kesehatan, Rabu (21/6).

“Seluruh warga puskesmas untuk selalu waspada tentang bahaya api yang menyebabkan kebakaran. Untuk itu, warga Puskesmas diharapkan bisa memakai alat pemadam api yang ada, baik Alat Pemadam Api Ringan (APAR), maupun Alat Pemadam Api Tradisional (APAT),” ujar Kabid Damkar Agam, Yunaidi.

Ia mengharapkan, jadikan sosialisasi ini sebagai kegiatan pengetahuan, dan keterampilan para medis dalam pencegahan awal. Bila  terjadi percikan api disetiap lini, segera dicegah dan segera dipadamkan, dan langsung laporkan kepada petugas pemadam kebakaran posko terdekat.

Diminta seluruh masyarakat untuk terus mencek beberapa hal dalam rumah tangga, dan kantor yang rasanya dapat mengganggu dan merusak nantinya sehingga menimbulkan percikan api. 

“Garda terdepan dalam setiap masalah kebakaran di kantor dan di puskesmas adalah warganya sendiri. Hendaknya setiap staf puskesmas dapat mencermati, dan ikuti pelatihan serta simulasi ini dengan baik,” ujarnya menghimbau.

Kepala Puskesmas Sungai Pua drg. Marliny mengucapkan terimakasih kepada pihak Damkar Agam, telah memberikan pembekalan kepada seluruh tenaga medis, dan karyawan Puskesmas yang berkekuatan  40 orang ini.

“Dalam kegiatan itu, warga Puskesmas memiliki keterampilan dan keberanian memakai alat pemadam APAR san APAT secara teori dan dilanjutkan praktek memadamkan api,” ujarnya. 

Ia menyebutkan, tujuan dilaksanakan simulasi dan sosialisasi pemakaian alat pemadan, selain keterampilan para medis dan pegawai, juga sebagai bahan penilaian akreditasi puskesmas dalam waktu dekat ini. Puskesmas punya alat pemadam tetapi belum, dan tidak bisa menggunakannya. (Tam/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center