#
Headlines News :
Home » » 24 Tahun Lubuk Basung Sebagai Ibukota Agam

24 Tahun Lubuk Basung Sebagai Ibukota Agam

Written By Admin on Selasa, 18 Juli 2017 | 7/18/2017 04:03:00 PM


Lubuk Basung adalah sebuah kota berstatus kecamatan yang menjadi nama ibu kota dari Kabupaten Agam. Luas wilayahnya 33,226 Ha, atau sekitar 6,33% dari luas Kabupaten Agam dengan jumlah penduduk lebih kurang 70 ribu orang. Kecamatan yang berkedudukan pada ketinggian rata-rata 102 meter dari atas permukaan laut, dan suhu udara maksimum mencapai 30 °C dan minimum mencapai 25 °C, memiliki batas-batas administratif wilayah sebagai berikut :sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Ampek Nagarai, sebelah selatan dengan Kab.Pariaman, sebelah timur dengan kecamatan Tanjung Mutiara dan sebelah Barat berbatasan dengan kecamatan Tanjung Raya.
Dengan pindahnya pusat pemerintahan Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung pada tanggal 19 Juli 1993 secara de facto, kemudian diperkuat dengan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 8 Tahun 1998, maka Lubuk Basung dengan pusat pemerintahan dipindahkan ke Manggopoh. Setelah memasuki era otonomi daerah, istilah desa dan sistem pemerintahan di dalamnya diubah menjadi nagari dengan sistem pemerintahan yang berpola kepada adat istiadat masyarakat Kabupaten Agam. Dengan demikian wilayah Kecamatan Lubuk Basung terbagi kedalam 5 nagari dengan 26 jorong .
Besok Rabu 19 Juli 2017 Lubuk Basung  telah 24 Tahun sebagai Ibukota Agam, yang akan diperingati dengan upacara dihalam kantor Bupati Agam, direncanakan usai upacara akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi anak nagari seperti Tambua Tansa, Maarak Jamba, dan makan bersama tokoh tokoh masyarakat.
Sebagai ibukota, Lubuk Basung semakin meningkat pembangunannya dari tahun ketahun, sarana prasarana infrastruktur terus tumbuh, pembangunan pendidikan, kesehatan, olahraga dan sektor sektor lainnya layaknya sebuah ibukota Kabupaten  yang dimulai dibawah kepemimpinan Bapak Gustrial Agus saat kepindahan ibukota Agam ke Lubuk Basung pada tahun1993 kemudian Bapak Ismu Nazif, selanjutnya Bapak Aristo Munandar dan sekarang Bapak Indra Catri yang menjadikan Lubuk Basung semakin Tacelak.
Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Agam untuk keberhasilan pembangunan tersebut dapat dilihat pada kondisi nyata saat ini, baik pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik. Alhamdulillah Kota Lubuk Basung sudah banyak mengalami perubahan melalui inovasi dan berbagai program kegiatan pembangunan antara lain: Sport Center, terletak di Bukit Bunian yang merupakan lapangan sepak bola dengan standar nasional yang dapat digunakan untuk berbagai event tingkat Kabupaten Agam maupun Propinsi.
Gelanggang Olah Raga Rang Agam yang menyediakan lapangan atau arena olah raga berupa Lapangan Basket, Gedung Serbaguna yang digunakan untuk arena olah raga masyarakat secara umum dan juga dapat dimanfaatkan untuk acara- acara lainnya. Dan saat ini telah ditambah dengan fasilitas joging trek serta tempat bermain anak-anak, Pembangunan junction/tugu yang terletak di jantung Lubuk Basung sebagai icon Lubuk Basung.
Pembangunan perumahan bekerjasama dengan pengembang seperti Perumahan Talago Permai Padang Baru, Perumahan Kampung Pinang Permai di Nagari Kampung PinangPerumahan di Muaro Surabayo, Perumahan Villa Tiara, Perumahan Bersubsidi serta Rumah Susun Sewa di Tengkong-Tengkong dan lainya. Pembangunan perumahan ini sebagai jawaban atas kebutuhan akan tempat hunian yang sehat bagi masyarakat dan para PNS di Lubuk Basung.
Peningkatan sarana prasarana jalan Kota Lubuk Basung dari aspal Lapen menjadi aspal Hotmix serta trotoar, telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan serta pejalan kaki dan yang lebih utama lagi menunjang tertib berlalu lintas.
Pengembangan secara bertahap Pasar Inpres Padang Baru sebagai pasar yang respresentatif dengan tetap memperhatikan para pedagang tradisional yang ada.
Penataan Bangunan Komplek Perkotaan dengan pola Super Blok Pembangunan Kantor Dinas Pekerjaan UmumKantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pembangunan Kantor Bappeda dan Inspektorat. Pembangunan dan penataan gedung perkantoran yang  baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penataan kota yang lebih teratur, indah dan terencana. Begitu juga sentra pelayanan kepada masyarakat, termasuk saat ini sedang dibangun  kantor baru Camat Lubuk Basung.
Gedung DPRD Agam yang representatif, digunakan untuk tempat rapat-rapat para wakil rakyat dalam pembahasan kegiatan pembangunan.Perbaikan Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung, disamping sebagai tempat melaksanakan kegiatan ibadah dan pusat kegiatan Syiar Islam, sebagai Mesjid Agung juga menjadi bangunan yang monumental dan salah satu Icon di Pusat Kota Lubuk Basung.Hal ini diharapkan mampu menimbulkan semangat masyarakat dalam melaksanakan ibadah, sekaligus sebagai pusat kegiatan keagamaan.
Dalam menanggulangi masalah persampahan di Kota Lubuk Basung telah disediakan Tempat-tempat pembuangan sampah sementara yang akan diteruskan untuk diolah pada Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di Sungai Jariang. Pemasangan Lampu Jalan sebagai penerangan umum di kawasan Lubuk Basung.
Pembangunan Lapangan Tenis Indoor sebagai salah satu pusat sarana olahraga masyarakat Lubuk Basung yang modern dan representative,Perluasan Gedung Kantor Bupati AgamKedepan kita juga akan membangun beberapa buah gedung lagi, diantaranya gedung pertemuan yang representatif  untuk acara-acara resmi dan seremonial yang dapat digunakan, baik oleh Pemerintah Daerah maupun masyarakat Kabupaten Agam. Kemudian kita juga akan menata kembali jalan-jalan lingkar dan pusat-pusat perekonomian di Lubuk Basung ini untuk mempermudah akses transportasi masyarakat
Sebagai pusat pemerintahan kota Lubuk Basung menjadi penggerak bagi pembangunan Kabupaten Agam secara keseluruhan. Peningkatan keuangan daerah yang cukup besar dalam lima tahun terakhir membuat kita memiliki peluang anggaran yang cukup besar untuk mengalokasikan belanja pembangunan infastruktur. Saat ini masyarakat di Nagari     cukup mempunyai kesempatan dalam membangun sarana dan prasarana, yaitu membangun melalui Dana Nagari. Kita sangat menyadari pembangunan infrastruktur merupakan aspek yang sangat vital bagi pembangunan wilayah, terutama sebagai pendorong tumbuh kembangnya ekonomi daerah. Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur selalu menjadi prioritas karena merupakan alat untuk mencapai kesejateraan rakyat. Khusus untuk kota Lubuk Basung telah dilakukan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan trotoar, drainase, penghijauan  serta peningkatan sarana dan prasarana jalan dari aspal Lapen menjadi aspal Hotmix.
Selain membangun insfratruktur fisik , juga membangun mental masyarakat, karena tidak akan ada artinya sebuah sarana prasarana yang megah tanpa sumberdaya yang mumpuni.
Kesuksesan dalam pembangunan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat, karena itu kesuksesan dalam pembangunan merupakan kesuksesan seluruh warga.
Kita berharap peringatan Keberadaan Ibukota Kabupaten Agam di Lubuk Basung kali ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat dalam melaksanakan maupun mendukung pembangunan daerah yang kita cintai ini, dan menjadikan Lubuk Basung menjadi Ibukota yang indah tertib dan sehat. Namun dengan segala kesuksesan pembangunan yang telah dicapai, kita masih memiliki beberapa pekerjaan besar dalam pembangunan. yang sangat membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat untuk mewujudkannya.
Dirgahayu Lubuk Basung
 Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Lubuk_Basung,_Agam

Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center