#
Headlines News :
Home » » Agam Luncurkan Aplikasi e-Planning

Agam Luncurkan Aplikasi e-Planning

Written By JONATA RAMADAN on Jumat, 14 Juli 2017 | 7/14/2017 05:58:00 PM

Satu lagi derap langkah Kabupaten Agam bakal diluncurkan. Untuk mendukung perwujudan Visi Kabupaten Agam yang Berkeadilan, Inovatif, Sejahtera, Agamais dan beradat menuju Agam Mandiri Berprestasi yang Madani.

Kepala Dinas Kominfo, Fauzan Helmy Hutasuhut, bersama Kaban Keuangan Daerah Hendri. G dan Kepala Bappeda, Welfizar, diruang rapat Bappeda bersama tim, Jumat (14/7) tengah mengevaluasi aplikasi e-planning yang sedang dikembangkan, hal ini perlu dilakukan untuk penyesuaian terhadap kebutuhan perencanaan.

"e-planning ini akan diterapkan mulai dari jenjang nagari hingga kabupaten." ungkap Kepala Dinas Kominfo Agam.
Ia menjelaskan, perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses perencanaan pembangunan yang dimaksudkan untuk melakukan perubahan, menuju arah perkembangan yang lebih baik bagi suatu komunitas masyarakat, pemerintah, dan lingkungannya dalam wilayah Agam, dengan memanfaatkan, atau mendayagunakan berbagai sumber daya yang ada, dan harus memiliki orientasi yang bersifat menyeluruh, lengkap, tetapi tetap berpegang pada azaz prioritas.

Bappeda, adalah lembaga teknis daerah di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah, yang dipimpin oleh seorang kepala badan. Badan ini mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

Bappeda merupakan unsur perencanaan penyelenggaraan pemerintahan, yang melaksanakan tugas dan mengordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. 

Beratnya tupoksi yang diemban membuat Bappeda membutuhkan sebuah alat bantu yang memberikan keuntungan maksimal, baik dari sisi waktu maupun kualitas.

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning) adalah sebuah alat penyusunan RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kabupaten Agam agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat, dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010. Dengan adanya alat bantu e-planning, Bappeda dapat memaksimalkan sistem, dan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan.

Sekaitan dengan itu Bappeda Agam bersama OPD terkait, yaitu Dinas Komunikasi Informatika, dan Badan Keuangan Daerah, serta Tim Agam Smart Regency tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi e-planing.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tenaga ahli IT Diskominfo Agam, berdasarkan perancangan kebutuhan daerah. (Tim AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center