#
Headlines News :
Home » » Pemkab Agam Dorong Warga Garap Lahan Terlantar Jadi Produktif

Pemkab Agam Dorong Warga Garap Lahan Terlantar Jadi Produktif

Written By JONATA RAMADAN on Kamis, 13 Juli 2017 | 7/13/2017 04:55:00 PM

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat berupaya mendorong warga dapat menggarap lahan terlantar menjadi produktif sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan juga produksi pertanian di Kabupaten Agam.

"Agar lahan ini berkembang, saat ini, kita terus menambah berbagai bibit kayu-kayuan dan buah-buahan setiap tahun yang dibagikan kepada masyarakat baik dijemput maupun dibagikan melalui kecamatan," tutur Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afdhal, melalui  Sekretaris Distan Kabupaten Agam Arief Restu Kamis (13/7) kemaren.

Ditambahkan, bibit yang disalurkan kepada warga itu, seperti, bibit durian, pala, alpokat dan jengkol. Kegiatan ini sejalan dengan program Agam menyemai, salah satu program pioritas Pemerintah Kabupaten Agam semenjak enam tahun yang lalu hingga sekarang.

"dari pantauan kita dilapangan masyarakat telah banyak menerima manfaat dalam mengembangkan lahan-lahan yang tidak produktif menjadi produktif. Disamping pemanfaatan perkarangan rumah, yang  telah meningkatkan animo serta semangat masyarakat untuk memanfaatkan lahan per karangan dan lahan-lahan kosong untuk di tanami berbagai tanaman produktif.

Hal ini dapat dilihat dari tahun 2015 luas tanaman seluas 3.642 hektar dan pada tahun 2016 meningkat menjadi 4.641 hektar seperti tanaman manggis, durian, alpokat, mangga, jambu jamaika, rambutan, duku, jengkol, petai dan nangka.

Lalu, untuk hasil yang telah dinikmati oleh masyarakat seperti tanaman unggulan yakni jenis jeruk, manggis dan durian. Kalau dilihat dari hasil produksinya juga mengalami peningkatan pada tahun 2015 mencapai 57.952 ton dan pada tahun 2016 meningkat  mencapai 117.895 ton.

"Ini capaian yang luarbiasa yang dilakukan oleh masyarakat melalui Program Agam Menyemai," tuturnya.

Kedepan, kata Arief Restu, dengan adanya program Agam menyemai ini, hasil pertanian dan perkebunan yang dimiliki masyarakat Agam meningkat lagi dari tahun yang akan datang.

"Selain menanam, saat ini Pemkab juga memberikan pembekalan ilmu tentang cara pemeliharaan, penyuluhan, sosialisasi, sekolah lapangan dan pengolahan hasil. Di iringi dengan melakukan study banding secara terukur," katanya mengakhiri. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center