#
Headlines News :
Home » » Wakil Bupati Sampaikan Pandangan Umum Fraksi Mengenai Plafon Tahun 2018

Wakil Bupati Sampaikan Pandangan Umum Fraksi Mengenai Plafon Tahun 2018

Written By JONATA RAMADAN on Selasa, 11 Juli 2017 | 7/11/2017 03:31:00 PM



Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah menyampaikan Nota jawaban bupati Agam atas pemandangan umum fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, terhadap rancangan kebijakan umum anggaran prioritas dan plafon anggaran sementara APBD tahun anggaran 2018 dalam rapat paripurna di aula Bappeda Agam, Selasa (11/07).

Sidang Paripurna  tersebut dipimpin Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam Marga Indra Putra, didampingi Wakil Ketua Lazuardi Erman SH, Suharman, dan Taslim S.Ag, dan ikut hadir Sekda Agam Martias Wanto, Asisten I, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, serta anggota DPRD Agam.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria menjelaskan pandangan umum fraksi, terhadap rancangan KUA dan PPAS APBD tahun 2018, salah satunya dari fraksi Demokrat, sejauh mana prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam RPJMD diakomodir dalam KUA-PPAS tahun Anggaran 2018 dan berapa besar plafon anggaran termasuk anggaran yang dialolasikan untuk mendukung 7 program unggulan, dapat dijelaskan bahwa pada 9 prioritas pembangunan daerah dalam RPJMD tahun 2016-2021, termasuk di dalamnya 7 program unggulan daerah, telah diakomodir dalam RKPD dan KUA PPAS tahun 2018.

Program unggulan dimaksuk ditujukan untuk mensinergikan berbagai kegiatan dari seluruh OPD yang berkaitan langsung dengan prioritas daerah. Sedangkan plafon anggaran yang telah diakomodir dalam PPAS masih bersifat indikatif, yang akan kita sepakati bersama dalam pembahasan selanjutnya.

Sementara itu, untuk target pendapatan daerah yang bersumber dari Pendapatan Pajak Daerah dan retribusi daerah serta langkah-langkah untuk memaksimalkan sumber PAD dari sektor tersebut.

"Pajak daerah tahun 2018 ditargetkan sebesar Rp 25,98 milyar, meningkat sebesar Rp136 milyar atau 5,53 persen dibandingkan target tahun 2017 sebesar Rp24,62 milyar," tutur wakil bupati Agam.

Sedangkan retribusi daerah pada tahun 2018 ditargetkan sebesar Rp11,08 milyar, yang mengalami penurunan sebesar Rp2,71 milyar atau turun 19,66 persen dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp13,8 milyar.

Hal ini disebabkan, Retribusi pengendalian menara telekomunikasi sesuai keputusan mahkamah konstitusi no. 46/PUU-XII/2014 bahwa penghitungan tarif retribusi pengendalian menara telekomunikasi berdasarkan persentasi dari nilai jual objek pajak bumi dan bangunan tidak mempunyai kekuatan hukan yang mengikat. Lalu retribusi izin gangguan (HO) tidak lagi dapat dipungut sehubungan telah keluarnya Permendagri No. 19 tahun 2017 tentang pencabutan Permendagri No. 27 tahun 2009. Kemudian, retribusi izin usaha perikanan sesuai Undang-undang No. 23 tahun 2014, menjadi kewenangan provinsi.

Ditambah langkah-langkah untuk memaksimalkan pajak dan retribusi daerah, telah dilakukan validasi intern terhadap potensi pajak rumah makam dan dilanjutkan dengan monitoring dan pengawasan terhadap pajak reklame. Melakukan pemutakhiran data direncanakan pada tahun 2018 dengan melibatkan pihak ketiga, melakukan peninjuaan regulasi terkait pemunggutan pajak, meningkatkan sistem pengawasan terhadap pengelolaan pendapatan asli daerah dan penerapan sistem jemput bola dalam arti petugas melakukan penagihan atas pajak dan retribusi daerah.

Untuk itu, untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik Pemerintah daerah telah menanda tangani MoU dengan Komisi Pemberantasan Korupsi yang salah satunya substansinya adalah transparansi perencanaan melalui e-planning.

"Implentasi e-plaining tersebut akan kita mulai tahun ini berawal dari pelaksanaan musyawarah nagari dan bermuara pada perencanaan ditingkat kabupaten," kata Wabup Agam. (jon/AMC)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Agam Media Center | Agam Media Center
Copyright © 2011. Agam Media Center - All Rights Reserved
Template Created by Agam Media Center Published by Agam Media Center
Proudly powered by Agam Media Center